Cerita Fantasi


TUJUAN PEMBELAJARAN:

1. Peserta didik mampu mengidentifikasi karakteristik unsur pembangun cerita fantasi.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis cerita fantasi

Cerita adalah suatu rangkaian peristiwa yang dijabarkan secara detail dengan alur tertentu. Cerita ada yang berupa cerita berdasarkan kisah nyata atau asli atau bisa juga kisah yang berupa karangan tidak nyata atau fiksi. Salah satu jenis cerita yang digemari terutama anak-anak adalah cerita fiksi fantasi.

Cerita fantasi sendiri adalah cerita yang fiksi dimana jalan ceritanya adalah imajinasi sang penulis cerita. Di dalam cerita fantasi seperti judulnya memang ceritanya berisi fantasi atau sesuatu yang tidak nyata dan mustahil terjadi di dunia nyata, namun sesuatu yang mustahil tersebut sudah biasa di dunia fantasi.

A. Karakteristik unsur pembangun cerita fantasi

1. Ada keajaiban/kemisteriusan/keanehan

Cerita mengungkapkan hal-hal supranatural/ kemisteriusan, keghaiban yang tidak ditemui dalam dunia nyata. Pada cerita jenis ini hal yang tidak mungkin dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata. Temanya adalah majic, supernatural atau futuristik.

2. Ide cerita

Ide cerita terbuka terhadap daya hayal penulis, tidak dibatasi oleh realitas atau kehidupan nyata. Ide juga berupa irisan dunia nyata dan dunia khayali yang diciptakan pengarang. Ide cerita terkadang bersifat sederhana tapi mampu menitipkan pesan yang menarik.Tema cerita jenis ini adalah majic, supernatural atau futuristik. Contoh, pertempuran komodo dengan siluman serigala untuk mempertahankan tanah leluhurnya, petualangan di balik pohon kenari yang melemparkan tokoh ke zaman Belanda, zaman Jepang, kegelapan karena tumbukan meteor, kehidupan saling cuek dalam dunia teknologi canggih pada 100 tahun mendatang.

3.  Menggunakan berbagai latar (lintas ruang dan waktu)

Peristiwa yang dialami tokoh terjadi pada dua latar yaitu latar yang masih ada dalam kehidupan sehari-hari dan latar yang tidak tidak ada pada kehidupan sehari-hari. Alur dan latar cerita jenis ini memiliki kekhasan. Rangkaian peristiwa cerita menggunakan berbagai latar yang menerobos dimensi ruang dan waktu. Misalnya, tokoh Nono bisa mengalami kejadian pada beberapa latar (latar waktu liburan di Wligi, latar zaman Belanda, dan sebagainya). Jalinan peristiwa pada cerita jenis ini berpindah-pindah dari berbagai latar yang melintasi ruang dan waktu.

4. Tokoh unik (memiliki kesaktian)
Tokoh dalam cerita jenis ini bisa diberi watak dan ciri yang unik yang tidak ada dalam kehidupan sehari-hari. Tokoh memiliki kesaktiankesaktian tertentu. Tokoh mengalami peristiwa misterius yang tidak terjadi pada kehidupan sehari-hari . Tokoh mengalami kejadian dalam berbagai latar waktu. Tokok dapat ada pada seting waktu dan tempat yang berbeda zaman (bisa waktu lampau atau waktu yang akan datang/ futuristik).

5. Bersifat fiksi
Cerita  jenis ini bersifat fiktif (bukan kejadian nyata). Cerita jenis ini bisa diilhami oleh latar nyata atau objek nyata dalam kehidupan tetapi diberi fant*si. Misalnya, latar cerita dan objek cerita Ugi Agustono diilhami hasil observasi penulis terhadap komodo dan Pulau Komodo. Tokoh dan latar
difant*sikan dari hasil observasi objek dan tempat nyata. Demikian juga Djoko Lelono memberi fanta*i pada fakta kota Wlingi (Blitar), zaman Belanda, Gunung Kelud.

6. Bahasa
Penggunaan sinonim dengan emosi yang kuat dan variasi kata cukup menonjol. Bahasa yang digunakan variatif, ekspresif, dan menggunakan ragam percakapan (bukan bahasa formal).


B. Jenis cerita fantasi

1. Cerita Fantasi Total dan Irisan
Jenis cerita jika berdasarkan kesesuaiannya dalam kehidupan nyata ada dua kategori fantasi total dan sebagian (irisan).

Pertama, kategori cerita fantasi total berisi fantasi pengarang terhadap objek/ tertentu. Pada cerita kategori ini semua yang terdapat pada cerita semua tidak terjadi dalam dunia nyata. Misalnya, cerita Nagata itu total fantasi penulis. Jadi nama orang, nama objek, nama kota benar-benar rekaan pengarang.

Kedua, cerita irisan yaitu cerita yang mengungkapkan fantasi tetapi masih menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata, menggunakan nama tempat yang ada dalam dunia nyata, atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata.

2. Cerita fantasi Sezaman dan Lintas Waktu
Berdasarkan latar cerita, cerita dibedakan menjadi dua kategori yaitu latar lintas waktu dan latar waktu sezaman. Latar sezaman berarti latar yang digunakan satu masa (masa kini, masa lampau, atau masa yang akan datang/ futuristik). Latar lintas waktu berarti cerita menggunakan dua latar waktu yang berbeda (misalnya, masa kini dengan zaman prasejarah, masa kini dan 40 tahun mendatang/ futuristik) .


TUGAS!
BACALAH CERITA FANTASI BERJUDUL NONO SI ANAK REMBULAN DI BUKU PAKET BAHASA INDONESIA VII, KEMUDIAN JAWAB PERTANYAAN YANG ADA PADA LINK.

SELAMAT BELAJAR, TETAP SEMANGAT DAN JAGA KESEHATAN YAA




66 komentar:

  1. Cerita ini memberikan saya pengetahuan yg semakin luas

    BalasHapus
  2. Ceritanya penuh misteri dan menakutkan loh..tapi bagus juga

    BalasHapus
  3. Ceritanya menarik dan mudah dipahami

    BalasHapus

  4. Cerita yang sangat bagus dan menarik serta dapat menambah ilmu pengetahuan tentang cerita cerita legenda di Indonesia. TERIMAKASIH

    BalasHapus
  5. Ceritanya bagus menarik mudah di pahami

    BalasHapus
  6. Ceritanya mudah dipahami dan gambar-gambar menarik jadi mudah dimengerti

    BalasHapus
  7. Ceritanya menarik dan mudah dipahami

    BalasHapus
  8. Ceritanya mudah di pahami bagus keren unik enak di bacanya

    BalasHapus
  9. Ceritanya menarik dan patut dipelajari

    BalasHapus
  10. Cerita yang sangat bagus dan menarik serta dapat menambah ilmu pengetahuan tentang cerita cerita legenda Indonesia.
    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  11. Cerita ini sangat menarik, dan dapat menambah ilmu pengetahuan Taruma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita ini sangat menarik, dan dapat menambah ilmu pengetahuan, terimakasih

      Hapus
  12. Waah menarik dan dapat menambah ilmu pengetahuan .��

    BalasHapus

  13. Ceritanya bagus, menarik, dan mudah di pahami

    BalasHapus
  14. Ceritanya bagus , menarik , menegangkan dan penuh misteri . saya mendalami cerita Anak Rembulan setelah membaca pengertian cerita fantasi .

    BalasHapus
  15. Ceritanya bagus , menarik , menegangkan dan penuh misteri . saya mendalami cerita Anak Rembulan setelah membaca pengertian cerita fantasi .

    BalasHapus
  16. Menurut saya cerita ini sangat menarik,bagus,keren,dan mudah dipahami.Dan cerita ini menambah ilmu pengetahuan tentang legenda,jika kamu membaca cerita ini begitu asyik jika kita membaca nya.
    Mohon maaf jika ada kata kata yang salah/kurang menyenangkan saya mohon maaf sebelumnya.
    Wasalamu'alaikum W.R. W.B.
    TERIMA KASIH.

    BalasHapus

  17. Ceritanya menarik, mudah dipahami dan menambah ilmu pengetahuan yg semakin luas

    BalasHapus
  18. Ceritanya bagus dan menarik juga much dipahami, menambah ilmu pengetahuan semakin luas

    BalasHapus
  19. Setelah membaca ringkasan novel "Anak Rembulan" , Saya dapat merasakan sisi Menarik ketika Nono kembali ke jaman Belanda Dan bertemu dengan Legenda di Indonesia.Misteri nya yaitu Pohon Kenari nya, Dan juga sisi menengangkan serta Lucu ketika Nono nyaris dihukum gantung gara-gara kaos MU(Manchester United) 🤣😂

    BalasHapus
  20. Setelah membaca materi dan cerita diatas saya jadi memiliki pengetahuan yg sangat banyak dan sangat luas....

    Terima Kasih

    BalasHapus
  21. Wiji Azzahra N
    Anak rembulan adalah sebuah cerita fantasi yang berisi petualangan anak bernama nano yang bertemu dengan tokoh tokoh yang menakutkan antara lain mbok rumbi jelmaan iblis dan mahesa saro dan lembu suro dari legenda gunung kelud

    BalasHapus
  22. Cerita tersebut sangat menarik karena bisa menjadikan anak anak rajin membaca👏👏😄

    BalasHapus
  23. Cerita menarik sekali dan sangat bagus

    BalasHapus
  24. Menarik dan mudah dipahami,terimakasih

    BalasHapus

  25. Marsha Isma
    Ceritanya menarik, mudah di pahami dan menarik perhatian pembaca

    BalasHapus
  26. Setelah membaca cerita "Anak Rembulan " ternyata ceritanya penuh misteri dan lucu
    Ga bosen mengulang ceritanya 🤣menambah pengetahuan saya juga·ᴗ· dan mudah di pahami :)

    BalasHapus
  27. Menarik dan mudah dipahami. Sangat menarik sekali

    BalasHapus
  28. Menarik dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  29. Bermanfaat, menarik dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  30. Fantasi sangat menarik karena dapat menambah ilmu tentang dunia fantasi

    BalasHapus
  31. Kita dapat membuat cerita sesuai dg imajinasi masing"tanpa ada batasan

    BalasHapus
  32. Menurut saya cerita ini sangat menarik. cerita ini menambah ilmu pengetahuan dunia fantasi ceritanya menarik dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  33. Ceritanya menarik dan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang dunia fantasi , cerita tentang ANAK REMBULAN juga sangat bagus .

    BalasHapus
  34. Ceritanya sangat bagus dan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang legenda

    BalasHapus
  35. Ceritanya menarik dapat menambah wawasan kita

    BalasHapus
  36. Ceritanya menarik, mudah dipahami dan menambah ilmu pengetahuan yg semakin luas

    BalasHapus
  37. Nama:Chandra Wibisono
    Cerita fantasinya menarik dan cukup keren

    BalasHapus
  38. Ceritanya bagus menarik mudah di pahami

    BalasHapus
  39. Bagus,menarik dan mudah di pahami

    BalasHapus


  40. Menarik mudah di pahami
    Cerita bagus 👍

    BalasHapus
  41. Ceritanya begus dan menerik banget

    BalasHapus
  42. Ceritanya sangat bagus dan menarik

    BalasHapus
  43. Cerita nya mrnarik, mudah di pahami

    BalasHapus
  44. Cerita nya menarik dan mudah di pahami

    BalasHapus
  45. Ceritanya menarik mudah di pahami

    BalasHapus
  46. Nama Westy Dyah Anindhita
    Kelas 7 H
    Absen 30
    Ceritanya Bagus dan menarik

    BalasHapus
  47. Nama:bayu prasetiyo
    Kelas :7G
    Ceritanya menarik sekali

    BalasHapus
  48. Nama: Hernita Khaerunisa
    Kelas:8A
    Ceritanya bagus dan menarik

    BalasHapus

Kurikulum Berubah? Siapa Takut ...

Apa itu Kurikulum? Melalui kurikulum, pengalaman belajar siswa dibentuk dari titik awal hingga akhir. Kurikulum diibaratkan sebagai jantung ...